Asalmu Asal usul Nama Kota Surabaya

Asalmu+Asal+usul+Nama+Kota+Surabaya

Kota kita Surabaya | guszetiawan.com - Surabaya ialah kota pahlawan dan juga kota terbesar kedua di negara Indonesia setelah kota Jakarta, kota ini terletak di bagian timur Jakarta sekitar 796 km atau sekitar 415 km sebelah barat laut Denpasar Bali, Surabaya yang letak keberadaanya tepat di pantai Utara pulau Jawa bagian timur dan berhadapan dengan selat Madura, dimana di bagian wilayah tersebut terdapat laut Jawa yang konon asal muasal nama Kota Kita Surabaya sebenarnya adalah usulan dari Ki Arya lembu Sora yaitu seorang Rakyat yang berkediaman di Kanjuruhan ujung Galuh sebelum nama Surabaya di kenal.

Asalmu asal nama Kota Surabaya

Ki Arya lembu Sora yang saat itu mengusulkan nama Kanjuruhan ujung Galuh menjadi surabaya kepada Batara ring Majapahit. Nama Surabaya merupakan sebuah nama yang paling tepat untuk menamai daerah tersebut, yang dimana para rakyat dan prajurit Majapahit yang gagah berani dengan dibantu orang-orang dari pulau Madura menumpas bangsa tartar yang tidak pernah menyerah dengan Majapahit.


Asalmu+Asal+usul+Nama+Kota+Surabaya
Lambang Surya Majapahit


Baca juga :


Sura yang bisa diartikan Berani, tangguh, perkasa, dan kuat. Sedangkan baya yang bisa diartikan dengan marabahaya, seperti dimulai ketika Raden Rahmat atau yang terkenalnya dahulu kala dikenal sebagai sunan Ampel beserta istrinya, Ageng Manila dan Zainal Kabir diundang ke kanuruhan ujung Galuh oleh karyawan untuk mewakili suara dan mengutarakan isi hatinya yang lembut kepada nyai Ageng Manila bahwa Ageng Manila adalah putra angkatnya.


Dengan menanyakan perihal kesiapannya terhadap Raden Haji Ali Rahmat atau sunan Ampel atau menantunya Kiarya Lembu Sora tentang apa yang selama ini menjadi sesuatu hal yang dihadapinya yaitu tentang keberanian dan persiapan dalam henghadapi berbagai halangan rintangannya dan hal-hal yang tidak diharapkan, demikian pula dengan Raden saya Ali Rahmat harus siap dan berani menghadapi berbagai masalah yang akan dihadapinya ketika akan menyebarkan agama baru yaitu Agama islam.


Raden Rahmat Allah jauh-jauh hari sudah mempersiapkan dirinya untuk menghadapi berbagai kemungkinan dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Majapahit Pada saat itu di area lembu Sora mengutarakan maksut hatinya kepada Raden said Ali Rahmat tentang usulannya untuk mengubah nama ujung Galuh dengan nama Surabaya yang bisa di artikan dengan dua kata surah dan baya, yaitu berani dan perkasa dalam menghadapi sesuatu yang membahayakan, sebagaimana yang tertanam dalam benak saat bangsa tartar yang pasukannya paling tangguh dan paling kuat saat itu menyerang majapahit serta merta di saat Raden Wijaya yang merupakan penguasa Majapahit dan pasukannya dengan di bantu orang Madura yang pada akhirnya dapat memukul mundur dan menghancurkan pasukan tartar.


Di atas keberanian tersebut saat itulah di area lembu Sora selaku penguasa tanah ujung Galuh yang berbakti kepada Majapahit ingin mengutarakan niatnya yang sudah lama terpendam di dalam sanubarinya untuk mengubah nama ujung Galuh menjadi Surabaya, demikianlah kisah asal mula nama Kota Kita Surabaya.

~>



Agus Setiawan Nama: Agus Setiawan

0 Response to "Asalmu Asal usul Nama Kota Surabaya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini 👇 , berkomentarlah dengan baik & sopan, komentar dengan promosi atau link anchor dan sejenisnya akan dihapus/spam. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel