Ikon Kota Surabaya patung dan monumennya

Ikon patung Sura dan baya yang selalu menjadi tempat jujukan untuk berlibur bagi sebagian masyarakat khususnya di kota surabaya memang menyenangkan, apalagi dengan berkeliling mengelilingi kotanya yang tidak bisa terlewatkan akan keindahannya dengan tatanan kota yang begitu rapi dan bersih sangat serasi dengan ikon kota Surabaya dan monumennya, serta beberapa hiasan-hiasan dan taman-taman yang berada di beberapa sudut kota Surabaya.

Apalagi ditambah dengan keberadaan beberapa icon di kota ini yang khas, seperti patung para pahlawan, tugu bambu runcing, tugu pahlawan, monumen kapal selam, dan beberapa sebagian yang jarang ditemui, namun dari beberapa ikon kota Surabaya dan monumennya yang ada lebih dari yang menonjol ialah salah satu ikon kebanggaan arek-arek Suroboyo yaitu Patung Sura dan Baya.

Ikon+kot+a+Surabaya+patung+monumennya

Patung Sura(hiu) dan baya(buaya)

Patung sura dan baya merupakan Salah satu ikon Kota surabaya dan juga ikon kebanggaan arek-arek suroboyo, yang konon patung ini menggambarkan alkisah pertarungan antara Adipati Jayengrono Dan Sawunggaling masing-masing menguasai ilmu sura dan baya. 

Baca Juga :

Tidak hanya para wisatawan local yang beramai-ramai datang ke surabaya beraktivitas di depan patung dan berfoto disana, bahkan beberapa wisatawan asing pun kerap mengunjungi Surabaya menyambangi beberapa ikon Kota surabaya yang berada di tiga lokasi di Surabaya, salah satunya seperti yang sering di temui warga kota Surabaya ketika melewati jalanan Kebun binatang Surabaya,
  • Terletak di depan Kebun binatang Surabaya tepat pas di pinggir jalan raya yang berdiri kokoh dengan ketinggian 10m, yang juga sering kali di buat berfoto pada saat liburan tiba oleh warga lokal khususnya jawa Timur. 
  • Tepatnya di bantaran tepi sungai kalimas yang berada di taman skate park jalan genteng kali, patung kedua ini tidak kalah bagusnya dengan yang berada di KBS Kebun binatang Surabaya, patung ini juga terbesar kedua di surabaya yang tingginya  mencapai 15m dengan hiasan-hiasan disekeliling patung seperti lampu kerlap-kerlip dan air mancur yang sangat terlihat indah apalagi ketika dilihat pada malam hari.
  • Patung sura dan baya yang ketiga ini baru di resmikan oleh walikota Surabaya Ibu Tri Rismaharini, Pada Mei 2019 lalu. Yang posisinya terletak di taman suroboyo, daerah kenjeran tepatnya di area Surabaya utara. Patung ketiga inilah patung terbesar yang pernah ada di Surabaya, dengan tinggi kurang lebih 25m dan 15m lebarnya. 

5 pilar Bambu Runcing

Ingat kan pada masa dahulu dimasa penjajahan belanda, saat para pejuang Indonesia melawan dengan hanya dibekali senjata bambu runcing. Nah jika kita berjalan di tengah kota tepatnya di Jl.Panglima Soedirman, Embong kaliasin Surabaya disitu kita akan menemui sebuah patung berbentuk bambu runcing dengan 5 pilar, yang berdiri pas ditengah-tengah jalan raya panglima soedirman.

Ikon+Kota+Surabaya+patung+monumennya

Bambu runcing yang biasa di pergunakan oleh para pejuang indonesia untuk berperang melawan penjajahan kala itu, memiliki simbol dari perjalanan sejarah ibu Pertiwi. Monumen ini diresmikan oleh Gubernur Jawa timur tingkat I yaitu Bpk.H.Soenandar Prijosoedarmo pada tanggal 25 Mei 1981.

Monumen bambu runcing ini juga terkenal menjadi jujukan wisata dan beberapa turis lokal yang hanya mengambil foto 5 pilar bambu tersebut. Dengan hiasan-hiasan seperti air mengalir di bagian ujung pilarnya yang runcing dan kerlipan lampu pada saat malam hari.





Agus Setiawan Nama: Agus Setiawan

0 Response to "Ikon Kota Surabaya patung dan monumennya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini 👇 , berkomentarlah dengan baik & sopan, komentar dengan promosi atau link anchor dan sejenisnya akan dihapus/spam. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel