Hari Raya Idul adha/Hari Raya kurban di surabaya

Hari+raya+idul+adha+surabaya

Hari raya idul Adha berbeda dengan hari raya idulfitri, yang juga hari raya khusus semua umat muslim di seluruh dunia, yang disebutkan pada hari itu diperingati peristiwa kurban, tanda puncaknya ibadah haji ke mekkah, di mana ketika nabi Ibrahim yang kala itu bersedia untuk mengorbankan seorang putranya untuk Allah, namun setelah peristiwa kurban itu berlalu dan kemudian digantikannya kurban tersebut dengan seekor domba.

Tepatnya pada 10 Zulhijah beberapa hari setelah hari raya idul Fitri, dimulainya hari raya idul adha ini dan berakhir pada 13 Zulhijah, dimana semua umat muslim melakukan salat berjamaah di masjid atau banyak juga yang di tanah lapang sebelum mengurbankan seekor domba atau sapi, semua umat muslim melakukan shalat berjamaah yang disebut shalat id/idul adha, dan kemudian di lanjutkan dengan ritual pemotongan hewan kurban. 

Dalam proses pemotongan yang dilakukan para tokoh kyai atau ustad yang memiliki ketentuan menyembelih hewan kurban sebelum dibagikan kepada teman atau tetangga, terutama fakir miskin dan orang yang sangat membutuhkan. Mendata serta menimbang berat bobot daging yang akan dibagikan setelah disembelih dan dipotong-potong menjadi beberapa potongan.

Hadits yang dituturkan Husein bin al-harits al-jadali mengatakan:
Rasulullah SAW pernah berpesan kepada kami agar kami menunaikan ibadah haji berdasarkan hisab dan rukyat (hilal Zulhijah). Jika kamu tidak bisa menyelesaikannya, kemudian ada dua saksi abdil yang menyaksikannya, maka kami harus mengerjakan manasik berdasarkan kesaksian mereka.
-HR Abu Dawud

Perayaan hari raya Idhul Adha


Hari+raya+idul+adha+surabaya

Pada hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam akhirnya tiba juga, yaitu hari perayaan Idhul qurban yang dimana pada perkampungan disetiap masjid terlihat banyak sekali beberapa kambing atau sapi untuk di jadikan sebagai hewan kurban.

Namun hari raya Idhul Adha yang di laksanakan pada tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dampak dari adanya pendemi virus Corona. Beberapa dari masyarakat yang merayakan hari raya sebelum hari H nya di wajib kan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang di terapkan oleh pemerintah baru-baru ini sesuai peraturan perundang-undangan pemerintah.





Agus Setiawan Nama: Agus Setiawan

0 Response to "Hari Raya Idul adha/Hari Raya kurban di surabaya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini 👇 , berkomentarlah dengan baik & sopan, komentar dengan promosi atau link anchor dan sejenisnya akan dihapus/spam. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel