Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

kota kita Surabaya PSBB - Terutama Surabaya, bertujuan demi mencegah meluasnya penyebaran virus Corona yang tengah melanda beberapa provinsi. Dengan diterapkannya pembatasan sosial berskala besar ini dengan istilah pembatasan kegiatan penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit yang dikenal dengan covid-19.

Pemberlakuan+Pembatasan+Sosial+Berskala+Besar+(PSBB)

Penyebaran virus covid-19 di beberapa daerah Jawa timur khususnya Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo yang semakin meluas penyebarannya, warga Jawa timur yang diresahkan oleh virus ini karena semakin meningkatnya penyebarannya bahkan di beberapa daerah jumlah positif semakin bertambah. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akhirnya diterapkan pada saat ini tepatnya tanggal 28 April yang ditetapkan oleh gubernur khofifah indaraprawansa melalui peraturan gubernur nomer 18 Tahun 2020. Mengenai peraturan yang di sebut pembatasan sosial berskala besar.

Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Pemerintah daerah wilayah Surabaya menertibkan PP nomor 21 tahun 2020 tentang pembatasan sosial berskala besar dalam rangka percepatan penanganan koronavirus atau covid 19, selain itu pemerintah juga menerbitkan peraturan menteri kesehatan nomor 9 tahun 2020 sebagai pedoman untuk menjalankan pembatasan sosial berskala besar dilaksanakan selama masa covid 19.

Selama masa inkubasi ini kekarantinaan kesehatan dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai kriteria dan pelaksanaan PSBB diatur dalam peraturan pemerintah sebagai peraturan turunan undang-undang tentang penyakit Corona yang disebut covid-19 dalam menangani pandemi ini di kantor pemerintah pusat.

Tempat kerja dan pendidikan

Pemberlakuan+Pembatasan+Sosial+Berskala+Besar+(PSBB))

Penerapan psbb berlangsung di beberapa daerah di mana proses kegiatan kebekerjaan di tempat-tempat kerja seperti kantor pabrik instansi strategis pertahanan dan keamanan ketertiban umum kebutuhan pangan bahan bakar minyak dan gas pelayanan kesehatan logistik dan kebutuhan dasar yang lainnya dibatasi si digantikan dengan proses pekerja di rumah ah demi kelangsungan pembatasan sosial.

Tidak hanya tempat kerja lembaga pendidikan seperti belajar mengajar di sekolah juga ikut dihentikan untuk dilaksanakan di rumah namun kegiatan semua lembaga pendidikan dilaksanakan dengan media yang efektif, guna mencegah penularan virus covid-19. Di saat masak bandeng dan pembatasan sosial dijalankan para murid dan guru tetap menjalankan proses belajar mengajar, namun dengan media online dan semuanya sesi online.

Pembatasan Kegiatan jual beli/pasar tradisional Dan Toko-toko

Pemberlakuan+Pembatasan+Sosial+Berskala+Besar+(PSBB)

Pembatasan perdagangan di pasar tradisional tak luput dari diterapkannya PSBB, seperti pasar sembako dimana kegiatan yang setiap pagi dilakukan jual beli pembatasan jumlah orang dan pengaturan jarak orang pada tempat-tempat atau toko-toko yang setiap hari melakukan transaksi jual beli kebutuhan pokok seperti beras, gula, rempah-rempah, elpiji, dan barang-barang kebutuhan pangan lainnya.

Tidak hanya sebagian pasar tradisional namun seluruh pasar sekabupaten tak terlepas dengan supermarket menjual obat paramedis toko toko kelontong atau tempat penjualan ruko-ruko lainnya, bahkan warung-warung di malam hari Seperti contohnya penjual makanan, penjual gorengan, penjual nasi, Fasilitasi umum, dan sebagainya. Bahkan bukan hanya sekolah pekerjaan tempat umum tempat perdagangan tidak luput dari itu pembatasan juga dilakukan dalam tempat-tempat ibadah.

Pembatasan di sejumlah tempat ibadah

Hal ini termasuk semua perkumpulan orang yang di suatu tempat seperti tempat ibadah masjid-masjid diterapkannya pembatasan kegiatan agama yang dilakukan kan di luar rumah seperti masjid atau mushola demi menjaga jarak setiap orang dari kerumunan pembatasan kegiatan agama diberlakukan untuk dilaksanakan demo atau dihadiri beberapa keluarga yang sangat terbatas.

Di beberapa masjid atau mushola sebagian besar yang khusus untuk umum semuanya harus ditutup dengan menjaga ga kerumunan orang yang melakukan ibadah di masjid tersebut, peraturan untuk menutup tempat peribadatan ini berpedoman teori perundang-undangan yang telah ditetapkan dalam pandangan lembaga keagamaan resmi yang diakui oleh pemerintah.

Pembatasan transportasi kendaraan umum

Pemberlakuan+Pembatasan+Sosial+Berskala+Besar+(PSBB)

Pembatasan transportasi umum serta sarana transportasi barang dan jasa meliputi transportasi penumpang baik umum atau pribadi seperti contoh;
  • Transportasi si angkat-angkut barang meliputi dara laut serta kereta api umum maupun pribadi.
  • Transportasi online seperti halnya ojek online mobil online taksi online semua transportasi yang menyebabkan kerumunan.
  • Transportasi penumpang orang yang seperti angkot pribadi yang menyala aturan pembatasan sosial distancing.
Masa psbb ini diberlakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan, PSBB ini diterapkan guna mencegah meluasnya penyebaran penyakit yang saat ini penyiapan di beberapa daerah guna untuk pencegahan penularan virus covid-19.
Agus Setiawan Nama: Agus Setiawan

0 Response to "Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini 👇 , berkomentarlah dengan baik & sopan, komentar dengan promosi atau link anchor dan sejenisnya akan dihapus/spam. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel