Sisi Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu+pahlawan+Surabaya

Guszetiawan.com - Kota Surabaya yang terkenal dengan sebutan kota pahlawan seperti yang kita tahu kota Surabaya yang mempunyai beberapa Monumen bersejarah seperti halnya monumen Tugu Pahlawan salah satunya, tugu yang jadi kebanggaan warga kota Surabaya berdiri begitu kokoh. 

Monumen Tugu Pahlawan

Tugu pahlawan, kenapa dinamakan tugu pahlawan?? iya karena Monumen Tugu pahlawan ini, yang juga resmi didirikan oleh Bpk.Soekarno presiden pertama RI pada tahun 1952, monumen tugu dengan tinggi 41,15 meter dengan bentuk lengkungan-lengkungan ( Canalures ) dan terbagi hingga 11 ruas, dimana ruas ini terkandung makna dari tanggal 10-11-1945 suatu tanggal yang mempunyai arti sejarah bagi masyarakat kota surabaya khususnya Rakyat Indonesia. Dahulu pada masa peperangan banyak pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, disitulah awal monumen ini di bangun guna memperingati peristiwa pertempuran yang terjadi pada 10 November 1945.

Baca juga : 


Sisi+monumen+tugu+pahlawan+surabaya
 
Bentuk tugu yang menyerupai sebuah paku yang berdiri ini nampak kokoh berdiri ditengah kota jalan Pahlawan surabaya, hingga pada masa ini masih menjadi salah satu  Hingga kemudian Doel Arnowo meminta Ir.Tan untuk merancang kan gambar monumen tugu pahlawan tersebut, dan lalu diajukan ke Presiden Soekarno, sedangkan menurut Ir. Soendjasmono, pemrakarsa monumen tugu pahlawan ialah Ir.Soekarno sendiri.

Saat ide pembangunan monumen ini mendapatkan perhatian khusus dari Doel Arnowo Walikota Surabaya, Yang sebelumnya memilih Arsitek untuk pembangunan monumen tersebut, namun Ir.R.Soeratmoko yang saat itu telah memenangkan sayembara pemilihan arsitek untuk pembangunan monumen tugu ini, pada akhirnya terpilih menerima perancangan dan gambar monumen tugu pahlawan. Yang Sebenarnya pembangunan monumen ini pada awalnya ditangani sendiri oleh walikota Surabaya, dan berlanjut pada I.E.C (Indonesia Engineering Corporation) kemudian diteruskan ke pemborong saroja.

Museum 10 November

Terlepas dari keindahan tugu yang berdiri kokoh, di bawahnya dengan lahan yang luas terdapat museum bawah tanah dengan kedalaman kurang lebih 7 meter, di dalam museum itu terdapat banyak foto-foto, benda bersejarah, dan dokumentasi serta senjata-senjata yang dahulu pernah digunakan berperang. Banyak juga karikatur seperti patung tokoh-tokoh pejuang yang telah gugur saat mempertahankan kemerdekaan terpampang di dalam museum.

Sisi+Monumen+Tugu+Pahlawan+Surabaya

Museum yang berada pas di bawah tugu ini diresmikan oleh Presiden RI ketiga K.H.Abdurrahman Wahid tepat pada tanggal 19 Februari tahun 2000 lalu.
Jalur untuk masuk ke museum ini dengan melalui pintu bagian depan yakni pas tepat di belakang tugu berdiri disitu terdapat pintu masuk dengan bagian loket untuk pembelian tiket masuk. Setiap hari Minggu museum ini selalu ramai pengunjung, bahkan bukan hanya warga kota Surabaya yang berkunjung menikmati hari libur, namun beberapa turis lokal pun sering mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti museum tugu pahlawan ini.

Akomodasi museum

Harga tiket masuk museum cuma Rp.5000 per orang, untuk bisa memasuki dan melihat benda-benda bersejarah dan semacamnya di dalam museum. Di dalam museum terdapat dua lantai berbeda, yang terlihat ketika memasuki ruang tengah museum yang dipenuhi dengan patung para pejuang dengan wajah yang garang dan ekspresi seperti saat sedang berperang.

Sisi+Monumen+Tugu+Pahlawan+Surabaya

Tidak hanya patung para pejuang yang ada di sekitaran ruang museum yang dekat dengan monumen tugu pahlawan, banyak juga beberapa benda-benda dan lukisan tentang perjuangan, bahkan ada juga tiga bambu runcing yang sampai sekarang terkenal menjadi ikon kota surabaya sebagai bambu runcing juga ada di dalam sana berupa tiga buah bambu asli yang di kemas di dalam ruang kaca, ada juga patung pejuang dengan settingan diorama static yang menampilkan peristiwa saat perjuangan dan juga foto-foto terkait pertempuran arek-arek Suroboyo merebut meriam dari tentara sekutu.

Dan tidak ketinggalan drama treaterikal yang mengangkat tema tentang pertempuran 10 November 1945 yang selalu di selenggarakan pada hari Minggu tepat di area lapangan tugu pahlawan.

 

Agus Setiawan Nama: Agus Setiawan

0 Response to "Sisi Monumen Tugu Pahlawan Surabaya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini 👇 , berkomentarlah dengan baik & sopan, komentar dengan promosi atau link anchor dan sejenisnya akan dihapus/spam. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel